Tumbang Janin Minggu 20-23


tumbang janin minggu 20-23
Bismillah, Assalaamu'alaikum Temans. Semoga sehat selalu di sore yang masih terasa panas ini. Lanjut pelajaran tumbuh kembang janin nya yuuk temans. Kali ini, yuk kita simak Tumbang Janin Minggu 20-23. Okay.....

Tumbang Janin Minggu ke 20 (Bulan ke 5):

Pada tumbang janin minggu ke 20 ini panjang janin sekitar 14-16 cm
dengan berat sekitar 260 gram. Janin sudah dapat mengenali suara ibunya. Kulit yang menutupi tubuh janin mulai bisa dibedakan menjadi dua lapisan, yaitu lapisan epidermis yang terletak di permukaan dan lapisan dermis atau lapisan dalam.

Epidermis akan membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan maupun telapak kaki. Sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf dan sejumlah besar lemak. Seiring perkembangannya yang pesat, janin pun membutuhkan darah yang meningkat tajam. Pada masa ini untuk menghindari Anemia pada ibu hamil, maka ibu hamil harus menambah asupan zat besi. Asupan zat besi bisa diperoleh melalui makanan kaya zat besi, ataupun juga melalui suplemen sesuai anjuran dari dokter.

Tumbang Janin Minggu ke 21

Pada minggu ke 21, panjang janin sekitar 18 cm dengan berat 350 gram.  Berbagai sistem organ tubuh janin mulai mengalami pematangan fungsi dan perkembangan. Perut ibu semakin membuncit, oleh sebab itu ibu perlu menghindari olah raga yang bersifat kompetitif atau sejenis olah raga yang resiko terjatuhnya besar.

Tumbang Janin Minggu ke 22

Di minggu ke 22, panjang janin sekitar 19 cm dengan berat 400-500 gram. Ibu semakin bisa beradaptasi dengan kehamilannya. Kekhawatiran ibu akan terjadinya keguguran juga sudah mulai hilang. 

Keluhan mual-mual mulai berlalu dan nafsu makan menjadi naik. Pada masa ini, ibu harus mulai berhati hati dan memperhatikan pola makan agar terhindar dari kenaikan berat badan yang berlebih. 

Ciri khas usia kehamilan ini adalah substansi putih mirip pasta penutup kulit tubuh janin yang disebut vernix caseosa. Fungsinya melindungi kulit janin terhadap cairan ketuban maupun kelak saat berada di jalan lahir.

Kelopak mata janin mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka. Jantung janin yang terbentuk di minggu ke-5 juga mulai menjalankan fungsinya memompa darah sebagai persiapannya kelak saat lahir ke dunia.

Tumbang Janin Minggu ke 23

panjang janin sekitar 20 cm dengan berat 550 gram. Tetapi kulit janin Nampak keriput karena kandungan lemaknya belum cukup. Wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. Rambut lanugo yang menutupi sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap pada usia kehamilan ini.


No comments:

Post a Comment

translate