Tumbuh Kembang Janin Minggu 1-11


tumbuh kembang janin minggu 1-11
Bismillah, Assalaamu'alaikum temans,... semoga kabar baik untuk kalian semuanya. Semoga kita senantiasa  dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Amiin.
Allah Sang Pencipta, sungguh menciptakan manusia dengan sangat sangat sempurna. Mengkaji penciptaan manusia dari sejak masih dalam kandungan, sangatlah membuat takjub dan 'subhanalloh' semakin bersyukur menjadi hamba Alloh yang diciptakan dengan demikian sempurna.
Ayo temans, kita belajar bersama tentang tumbuh kembang janin dari minggu ke minggu. Posting kali ini, saya beri titel Tumbuh Kembang Janin Minggu ke 1-11. Setahap demi setahap agar lebih meresap.

Minggu ke 1:

Minggu pertama dihitung dari menstruasi terakhir sebelum kehamilan. Hormon-hormon di dalam tubuh mempersiapkan sel telur untuk dilepaskan.

Minggu ke 2:

Terjadi penebalan dinding rahim atau UTERUS untuk persiapan ovulasi

Minggu ke 3:

Terjadinya ovulasi atau pelepasan. Pada minggu ini lah kehamilan terjadi. Jika berlangsung hubungan badan antara pria dan wanita pada masa ovulasi, maka satu dari ribuan sel sperma akan yang berada di dalam liang senggama akan berenang memasuki servik atau leher rahim menuju rongga rahim hingga sampai di tuba falopii, di tuba falopii sel sperma tadi akan bertemu dengan ovum atau sel telur yang lepas dan bergerak menuju rongga rahim. Sel telur yang sudah dibuahi itu disebut zigot. 

Minggu ke 4:

Zigot kemudian berimplantasi pada diding rahim atau uterus. Berakhirnya minggu ke 4, seorang wanita tidak lagi mendapati menstruasi yang menjadi salah satu tanda dari kehamilan. Ada beberapa wanita yang mendapat sedikit perdarahan, yang kadang dianggap sebagai menstruasi, tapi sebenarnya darah tersebut bukanlah darah menstruasi.

Minggu ke 5:

Pada minggu ke 5 ukuran janin sebesar biji apel. Janin ini disebut embrio, embrio sudah memiliki;
  • Detak jantung sendiri
  • Plasenta dan tali pusat sudah bekerja penuh
  • Vesikel otak primer mulai terbentuk
  • System syaraf mulai berkembang

Minggu ke 6:

Pada minggu ke 6, embrio terlihat seperti berudu, memiliki panjang kurang lebih 1,25 cm. dapat dikenali bentuk kepala, tulang ekor, kedua celah untuk biji mata, anggota gerak menyerupai tunas kecil. Dan merupakan masa pembenntukan hati, pancreas, paru-paru, jantung dan kelenjar tiroid.

Minggu ke 7:

Pada minggu ke 7 Jantung janin terbentuk lengkap. Syaraf dan otot bekerja untuk pertama kalinya, reflek dan gerakan spontan seperti menendang dan berenang di dalam rahim sudah terjadi, namun belum dapat dirasakan oleh ibu. Rangka tubuhnya mulai menyebar ke seluruh tubuh dan terbentuk tulang-tulang seperti yang kita kenal. Pada akhir minggu ke 7 otak terbentuk dengan lengkap dan otot menempati posisinya di sekitar tulang. (Moore, Developing Human, 6. edition,1998.)

Minggu ke 8:

Pada minggu ke 8, seluruh organ janin sudah terbentuk meski belum berkembang dengan sempurna. Janin berukuran sekitar 2,5 hingga 3 cm. syaraf otak dan lobi penciuman saling berhubungan, anggota gerak menjadi komponen yang lengkap yaitu ; tangan, lengan, bahu, paha dan kaki.
Organ reproduksi mulai terbentuk, bagian mata membentuk pigmen dan telinga bagian luar terbentuk sempurna. Jantung berdetak keras, dengan irama teratur karena sudah dapat memompa. Janin mulai bisa mendengar dengan sempurnanya bentuk telinga.

Pada minggu ke 8 organ reproduksi mulai terbentuk, sehingga jenis kelamin mulai terbentuk. Jenis kelamin ditentukan oleh sperma pria. Hal ini terjadi pada masa pembuahan dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.
Menurut ilmu genetika dan biologi terdapat dua jenis kromosom seks dalam tubuh manusia, yaitu kromosom x dan kromosom y. Seluruh sel telur memiliki satu kromosom x sedangkan sperma mengandung kromosom x dan kromosom y.
Sperma dengan kromosom x bertemu dengan sel telur (x), akan dilahirkan seorang bayi perempuan (xx). Jika sperma dengan kromosom y bertemu dengan ovum (x), akan dilahirkan seorang bayi laki-laki (xy).

Minggu ke 9:

Pergerakan pertama fetus dapat dideteksi dengan USG. Pada minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk.

Minggu ke 10:

Tulang sedang menggantikan kartilago. Kuku jari mulai berkembang. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh.

Minggu ke 11:

Organ seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali/kencing. Semua sistem organ pada bayi sudah berfungsi.

Sekian dulu, semoga bermanfaat. Selanjutnya akan kita pelajari Tumbuh Kembang janin Minggu ke 12-15 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

translate