Tumbuh Kembang Janin Mingggu 12-15


tumbuh kembang janin minggu 12-15
Bismillah, Assalamu'alaikum temans. Sebelumnya saya ucapkan dulu selamat hari raya idul fitri 1433 H ya temans, semua salah salah kata terutama yang tersirat, mohon dimaafkan ya temans. 
Setelah Minggu ke 11 (baca = Tumbuh Kembang Janin Minggu 1-11 ) berakhir, mari kita simak perkembangan janin dalam rahim ibu selanjutnya, yaitu tumbuh kembang janin minggu ke 12-15. Yuuk simak temans.


Minggu ke 12:

Di minggu ini panjang janin sekitar 6,5-8 cm dengan berat sekitar 18 gram. Kepala janin menjadi lebih bulat , wajah telah terbentuk sepenuhnya. Semua organ vital telah terbentuk. Janin mulai menggerakkan tungkai dan lengan serta menghisap jempolnya, namun belum dapat dirasakan oleh ibu.

Minggu ke 13:

Pada minggu ke 13, Panjang janin seluruhnya (dari puncak kepala sampai sakrum/bokong) sekitar 65-78 mm , berat kira-kira 20 gram. Rahim dapat teraba kira-kira 10 cm di bawah pusar. Pertumbuhan kepala janini yang saat ini kira-kira separuh panjang janin mengalami perlambatan dibanding bagian tubuh lainnya. Perlambatan ini berlangsung terus, hingga di akhir kehamilan akan tampak proporsional, yakni kira-kira tinggal sepertiga panjang tubuhnya.
Cikal bakal mata janin semakin hari semakin bergeser ke bagian depan wajah tapi masih terpisah jauh satu sama lain. Telinga bagian luar terus berkembang dan menyerupai telinga normal. Pembuluh darah terlihat sangat jelas di bawah kulitnya yang masih sangat tipis. Seluruh tubuh janin ditutupi rambut-rambut halus yang disebut lanugo. Kerangka/tulang belulang janin yang sudah terbentuk di minggu-minggu sebelumnya akan berosifikasi/menahan kalsium dengan sangat cepat di minggu-minggu selanjutnya, hingga tulangnya jadi lebih keras.

Minggu ke 14:

Panjang janin sekitar 80 mm atau 8 cm dengan berat sekitar 25 gram. Telinga janin menempati posisi normal di sisi kiri dan kanan kepala. Mata janin mengarah ke posisi sebenarnya. Leher berkembang lebih nyata, sehingga lebih mudah membedakan jenis kelamin janin. Bahkan, di rumah-rumah sakit besar atau rumah sakit pendidikan dengan alat-alat yang canggih, seluruh perkembangannya bisa dipantau. Misalnya bagaimana perkembangan otak, mata dan ginjalnya. Juga bisa diketahui apakah ada anusnya atau tidak, paru-parunya berkembang baik atau tidak, saluran pencernaannya mengalami penyempitan atau tidak, juga bisa diketahui ada tidaknya kebocoran pada klep atau bagian lain dari jantung.
Bahkan jika janin memiliki kecacatan berupa bibir sumbing atau kelainan jemari (seumpama jari dempet) bisa dideteksi secara dini. Sayangnya, meski bisa diketahui sejak masa janin, kelainan/gangguan tadi tak bisa ditangani selagi masih di rahim seperti halnya di negara-negara maju.

Minggu ke 15:

Di minggu ini Panjang janin sekitar 10-11 cm dengan berat kira-kira 80 gram. Kehamilan mulai terlihat, perut ibu mulai membesar, dan disarankan untuk mengenakan baju hamil agar ibu dan janin merasa nyaman. Pembesaran dan peregangan pada perut terjadi untuk mengakomodasi pembesaran rahim. Garis-garis regangan yang disebut striae umumnya muncul di daerah perut, payudara, bokong dan panggul. Boleh-boleh saja memakai lotion/losion khusus sekadar untuk menyamarkannya karena memang tak mungkin hilang. Disarankan untuk menghindari krim jenis steroid semisal hidrokortison karena dikhawatirkan akan terserap ke dalam sistem peredaran darah ibu dan bisa mengacaukan kerja hormonal. Pada masa ini indera pengecap/lidah sudah mulai dapat merasa.

No comments:

Post a Comment

translate