Tumbang Janin Minggu 16


Pertumbuhan janin Minggu ke 16 (bulan ke 4):

tumbang janin minggu 16
Bismillah,... Assalaamu'alaikum temans. kita lanjut mempelajari tumbuh kembang janin yuk. Untuk hari ini, yuuk kita simak tumbang janin minggu 16 atau usia 4 bulan. Pada Tumbang janin minggu ke 14, panjang janin telah mencapai  16 cm dengan berat 35 gram.  Kepala dan tubuh janin dapat terlihat dengan bantuan alat scan,
gerakan janin seperti gerakan tungkai dan lengan, menendang dan menyepak pun juga dapat dipantau. Pada minggu ke 16 ini ibu sudah mulai bisa merasakan gerakan gerakan janin (terasa seperti ada seekor kupu-kupu di dalam perut). Gerakan ini tidak mutlak dapat dirasakan oleh semua ibu. Untuk kehamilan anak pertama, ibu akan merasakan gerakan janin dalam perutnya lebih lambat. Biasanya hanya terasa seperti kedutan.

Pada tumbang janin minggu 16 ini, disertai pula dengan pertumbuhan lain yaitu;

  • Rambut halus di atas bibir dan alis mata sudah tampak melengkapi lanugo. Menutupi seluruh tubuh janin.
  • Jari jemari kaki dan tangan dilengkapi dengan kuku.
  • Tungkai terlihat lebih panjang daripada lengan.
  • Janin memproduksi alfafetoprotein, yaitu protein yang hanya dijumpai pada darah ibu hamil. [Bila kadar protein ini berlebih bisa merupakan pertanda ada masalah serius pada janin, yang disebut spina bifida, yaitui kelainan kongenital yang berkaitan dengan saraf tulang belakang. Namun jika  kadar alfafetoprotein rendah akan terjadi Sindrom Down. Kadar alfafetoprotein dapat diukur dengan pemeriksaan air ketuban/amniosentesis dengan menyuntikkan jarum khusus lewat dinding perut ibu.
  • Sistem pencernaan janin mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin, lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme. Bila terjadi asfiksia (gangguan oksigenasi) akan muncul rangsangan yang membuat gerak peristaltik usus janin meningkat sekaligus terbukanya spingter ani (”klep” anus). Akibatnya, janin mengeluarkan mekoneum yang membuat air ketuban jadi kehijauan.
  • Janin mulai mampu mengenali dan mendengar suara-suara dari luar kantong ketuban. Termasuk detak jantung ibu juga suara-suara di luar dirii ibu, seperti suara gaduh atau teriakan maupun sapaan lembut.

No comments:

Post a Comment

translate